• Phone 02933196862
  • awmi@awmi.co.id

About Us

About Photo

About AWMI

Asosiasi Wisata Medis Indonesia
Cinta Indonesia Cinta Wisata Medis Bangsa

Visi

Meningkatkan Kecintaan Masyarakat Indonesia Akan Wisata Medis

Misi

Bergerak bersama untuk menciptakan wisata Medis Indonesia.

Maksud dan Tujuan

Secara definisi bahasa, Wisata Medis / Medical Tourism adalah suatu perjalanan karena alasan kesehatan yang lebih cenderung menyangkut tindakan medis pengobatan (cure), operasi dan/atau tindakan medis lainnya, yang dilakukan terhadap penderita suatu penyakit atau kelainan kondisi kesehatannya. Berbeda dengan health/wellness tourism, yang merupakan suatu pariwisata kesehatan bertujuan untuk pemeliharaan dan/atau pemulihan kesehatan, dilakukan oleh orang yang sehat, tidak menderita suatu penyakit, atau orang yang baru sembuh. Wisata Medis secara umum merupakan bentuk baru pariwisata (Heung et al. 2011), atau suatu perjalanan yang terorganisir ke luar lingkungan lokal individu untuk pemeliharaan, peningkatan, dan pemulihan kesehatan dengan melakukan intervensi medis (Carl dan Carrera, 2010). Lebih lanjut Heung telah mengidentifikasi bahwa negara-negara seperti India, Malaysia, Singapura, Thailand, telah menjadi negara yang telah menerapkan peluang bisnis medical tourism dengan menarik lebih dua juta wisatawan medis pada tahun 2005. Dari kedua konsep wisata medis diatas yaitu medical tourisme dan welness tourisme. Potensi Indonesia sangat lah besar karena hampir di setiap wilayah Indonesia dapat ditemukan pariwisata kesehatan yang dapat dikembangkan; hal tersebut dapat dipahami mengingat Indonesia merupakan kepulauan yang kaya akan alam yang tersebar baik di lima pulau terbesar di Indonesia maupun di beribu pulau kecil lainnya. Namun sayang sekali data pasti tentang keberadaan pariwisata kesehatan yang belum dikembangkan ini belum ada. (Sugianto,2010)

Wisata medis yang akan kami kembangkan adalah sebuah proses penyediaan pelayanan kesehatan medis dengan biaya efektif bagi pasien melalui kerja sama dengan industri pariwisata. Sehingga para wisatawan baik lokal maupun internasional yang menggunakan perjalanan dengan medical tourism mendapat keuntungan yaitu tidak hanya menjalani perawatan medis namun dapat sambil menikmati perjalanan dan tinggal di salah satu tujuan wisata wisata populer di Indonesia.

 

Peran pemerintah sangat diperlukan pada medical tourism sebagai regulator atau pengambil kebijakan dan dengan kerjasama yg baik bersama Asosiasi Wisata Medis Indonesia ( AWMI ) maka akan mempercepat tercapainya visi wisata medis Indonesia di 2020.

 

Asosiasi medis Indonesia adalah perkumpulan seminat akan perkembangan Wisata medis Global dan ingin menerapkan kemajuan Wisata medis ini di Indonesia. Di dalamnya tergabung dokter umum, spesialis, perawat, sarjana kesehatan, artis, maupun awam yang memiliki visi dan misi yg sama Menurut AWMI, populasi pasien wisata medis terdiri dari dua kategori besar :
  1. Populasi pasien yang membayar dengan biaya sendiri atau out of pocket
  2. Populasi pasien dengan asuransi swasta sebagai pendorong adanya medical tourism

 

Untuk populasi dengan Pembiayaan mandiri peranan pemerintah dalam mengintegrasi kan kampanye Wisata medis dengan instansi terkait amat diperlukan dan untuk Populasi pasien dengan asuransi diperlukan regulasi dari pemerintah untuk memberikan keringanan pada perusahaan asuransi yang mendukung wisata medis Indonesia. Melihat pentingnya kerjasama ini dan mendukung terciptanya Wisata medis Indonesia maka AWMI didirikan pada 8 Agustus 2019 agar mensinergiskan langkah antara pihak2 terkait.

Panduan untuk seseorang yang membutuhkan perawatan atau medical treatment.

Seminar dan Lokakarya Pelatihan untuk Pemerintah, Cluster Kesehatan, Rumah Sakit, Penyedia Asuransi, Perhotelan, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Informasi dan penelitian yang diperoleh dari melakukan penelitian dan survei secara signifikan meningkatkan kesadaran dalam pariwisata medis melalui temuan kami dan informasi terkini

Membantu memberikan penilaian, review atau audit medik terhadap praktik medis yang diberikan oleh provider atau non-provider dari asuransi atau perusahaan yang menyelenggarakan jaminan kesehatan pekerjanya.

Meet our team

Subscribe !